Jenis Bahan Untuk Seragam Kerja – Pemilihan kain atau bahan untuk seragam kerja adalah hal yang sangat penting, selain untuk mempengaruhi kenyamanan kerja, seragam kerja juga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan yang maksimal.

Bahan untuk membuat seragam kerja

Jenis Bahan Untuk Seragam KerjaBagi Anda yang ingin membuat seragam kerja untuk karyawan, berikut beberapa jenis kain seragam kerja yang bisa jadi referensi Anda:

1. Kain Katun

Kain katun jenis knitting atau rajut ini berbahan dasar dari serat kapas yang lembut. Kelebihan dari jenis kain ini yaitu bahannya dingin, tidak mudah kusut, tidak akan berbulu, dapat menyerap keringat sangat baik, tidak mudah luntur dan mudah disablon. Namun kekurangan dari kain jenis ini bahannya tipis sehingga sangat mudah sobek.

2. Kain Drill

Kain drill ini termasuk kain yang cukup tebal, jaman dulu kain jenis ini sering digunakan sebagai bahan seragam militer. Dari segi harga dan kualitasnya, kain drill ini menyesuaikan dengan bahan dasar yang dipakainya. Harganya akan semakin mahal jika kadar katun yang ada di dalamnya semakin banyak.

Permukaan kain drill ini berupa garis-garis dengan permukaan depan dan belakang kain yang berbeda. Bahan kain drill ini cukup luas cakupannya jika digunakan untuk membuat seragam kerja indoor maupun indoor, kemeja sales, kemeja mekanik, baju kerja dengan model jaket, berbagai jenis celana dan lain-lain.

3. Kain Tropical

Banyak baju kerja atau kantor yang menggunakan kain jenis ini. Terdapat berbagai macam merk, seperti Taipan Trop, Verlando Trop, Pasuka Trop, Cadillac Trop dan lain sebagainya. Dari berbagai macam merek tadi, bahan yang paling bagus dan tentu harganya lebih mahal adalah Taipan Tropical yang memiliki karakter kain yang sangat lembut dan terdapat 150 macam warna sebagai pilihan. Harganya berkisar mulai dari Rp 36.000 sampai dengan Rp 40.000 per meternya.

4. Kain Kanvas

Kain kanvas ini termasuk juga kedalam jenis cotton, yang lebih tepatnya linen dan katun. Kain kanvas ini karakternya cukup tebal dan berat namun cukup nyaman digunakan untuk seragam kerja, tapi biasanya digunakan sebagai seragam lapangan atau yang bekerja di outdoor. Bahan ini juga sering digunakan sebagai bahan jaket para pendaki gunung karena ketebalannya yang dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya.

5. Kain Castilo

Kain castilo ini termasuk bahan yang bagus dengan harga yang cukup ekonomis. Karakteristik kain jenis ini sangat lembut dan tahan kusut, memiliki permukaan antara bagian depan dan belakangnya yang berbeda. Tenunannya lebih rapat dan kuat sehingga baju kerja yang terbuat dari bahan kain jenis ini akan lebih awet, kuat dan tahan lama.

Demikianlah 5 jenis bahan untuk seragam kerja yang bisa saya jelaskan. Dengan Anda mengetahui beberapa perbedaan jenis bahannya, jangan sampai Anda salah saat memilih kain untuk seragam kerja karyawan Anda. Pastikan Anda memilihnya dengan tepat dan teliti agar menunjang kenyamanan para karyawan saat bekerja.