Seharusnya sebuah perusahaan harus mulai berpikir jikalau desain seragam kerja yang keren merupakan salah satu strategi pemasaran perusahaan mereka. Buang jauh-jauh mengenai pikiran yang penting asal ada baju seragam, yang penting karyawan harus memakainya dan semuanya beres.

Padahal seragam itu sendiri sebenarnya berguna sebagai identitas yang bisa diingat oleh klien Anda nantinya. Misalnya saja seperti seragam driver Gojek dan Grab yang memiliki warna khas hijau namun dengan logo, tulisan dan desain yang berbeda dapat dibedakan dengan cepat oleh pelanggan yang mana driver Gojek dan yang mana driver Grab.

Seragam kerja perusahaan yang keren termasuk ke dalam bagian dari ilmu pemasaran yang biasa disebut branding. Branding ini merupakan salah satu strategi yang berguna untuk memberitahukan mengenai sebuah produk atau perusahaan tersebut. Semakin tinggi exposure terhadap brand tersebut maka semakin banyak juga masyarakat yang akan mengenal brand tersebut dan diharapkan juga akan memberikan kesan yang positif.

Seragam Kerja Sebagai Identitas Perusahaan

seragam kerja sebagai strategi pemasaran

Selain sebagai salah satu strategi pemasaran perusahaan, keuntungan memakai seragam kerja juga dapat menjadi identitas suatu perusahaan dan dapat memberi perlindungan bagi yang memakainya. Contoh paling kongkritnya adalah seragam para petugas pemadam kebakaran yang bisa melindungi mereka dari jilatan dan panasnya api saat sedang memadamkan kebakaran.

Sekarang ini makin banyak perusahaan yang membuat seragam kerja untuk karyawannya sebagai penunjuk identitas mereka. Tak kalah dengan perusahaan swasta atau pemerintahan, perusahaan media seperti televisi berlomba-lomba membuat seragam kerja strategi pemasaran perusahaan yang keren untuk para karyawan dan crew nya.

Secara tidak langsung, para wartawan dapat dengan mudah dibedakan menurut seragam yang mereka pakai saat bertugas. Seragam kerja untuk wartawan desainnya disesuaikan dengan fungsi dan aktivitas mereka yang lebih sering berada di lapangan atau outdoor. Dengan memakai seragam, para karyawan pun dituntut untuk berperilaku baik karena secara tidak langsung mereka mewakili perusahaan tempat mereka bekerja.

Seragam kerja juga bisa dijadikan sebagai “iklan berjalan”. Ketika Anda terlihat di jalan dengan menggunakan seragam kerja yang keren, otomatis orang yang melihatnya akan langsung tahu kalau Anda bekerja di perusahaan tersebut. Iklan merupakan kebutuhan yang paling mendasar dalam strategi pemasaran, karena fungsi dari iklan itu sendiri secara sederhana dapat menyampaikan pesan tentang perusahaan terutama produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Contoh seragam yang paling iconic adalah perusahaan milik Indomaret atau Alfamart. Persepsi orang saat melihat warna seragam kerja mereka sudah pasti langsung tertuju pada perusahaan tersebut. Semakin keren dan iconic sebuah seragam, karyawan yang memakainya pun akan sangat bangga saat mengenakannya juga orang-orang yang melihat akan langsung mengasosiasikan seragam dengan perusahaan terkait. Sudah bukan lagi jamannya membuat seragam kerja perusahaan dengan asal-asalan.

Demikianlah artikel mengenai seragam kerja sebagai strategi pemasaran ini dibuat. Semoga bermanfaat.