Membuat seragam kerja pabrik tidak hanya dituntut untuk mendapatkan harga produksi yang murah, namun juga harus memilih kualitas bahan yang baik. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan seragam kerja pabrik untuk karyawan Anda yang benar-benar nyaman dan juga awet dipakai meskipun digunakan setiap hari.

Mungkin ketika akan buat seragam kerja pabrik untuk sebagian orang terlihat mudah, namun untuk mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal dan menghasilkan seragam kerja yang lebih modern serta membuat karyawan lebih etrlihat elegan bukan hal yang mudah. Berikut beberapa tahapan dalam membuat seragam kerja yang perlu Anda ketahui:

 

Tahapan Buat Seragam Kerja Pabrik

Tahapan Pembuatan Baju Seragam Kerja Pabrik Termudah

1. Pemilihan bahan kain

Langkah pertama dalam pembuatan seragam kerja adalah pemilihan bahan kain yang akan digunakan untuk membuat seragam. Terdapat banyak pilihan bahan kain yang bisa Anda pilih, mulai dari cotton combed, drill dan masih banyak lagi. Pilihlah bahan kain kualitas terbaik agar seragam yang dihasilkan pun nantinya akan sangat nyaman ketika digunakan.

2. Membuat desain

Langkah kedua yaitu membuat desain seragam kerja pabrik tersebut. Buatlah desain yang menarik dan juga menjadi pembeda dengan seragam kerja dari pabrik atau perusahaan yang lain. Desain yang dibuat meliputi meliputi logo pabrik, nama pabrik, dan nama karyawan. Jika Anda kesulitan dalam membuat desainnya, biasanya pihak dari tempat produksi yang membuat seragam kerja tersebut akan membantu membuatkan desainnya.

3. Pembuatan pola baju

Langkah ketiga yaitu pembuatan pola seragam kerja pabrik. Pembuatan pola akan disesuaikan dengan permintaan Anda. Biasanya banyak yang memilih seragam kerja pabrik dengan model kemeja atau kaos polo. Untuk ukurannya menggunakan ukuran free size seperti S, L, M, XL karena jumlah seragam yang dipesan pun pastinya cukup banyak.

4. Pemotongan bahan kain

Pemotongan bahan kain kan disesuaikan dengan pola pada baju. Proses pemotongan ini dibantu dengan mesin potong listrik, sehingga bisa memotong bahan kain yang ditumpuk dan hasilnya pun presisi. Selain itu, dengan menggunakan mesin potong listrik pengerjaannya bisa lebih cepat selesai.

5. Cetak desain

Mencetak desain bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara bordir atau sablon. Namun kebanyakan konsumen yang memesan seragam lebih memilih menggunakan bordir, hal tersebut dikarenakan bordir akan membuat seragam kerja terlihat lebih berkelas dan elegan ketika dipakai.

6. Menjahit pola baju

Potongan-potongan pola baju seragam yang masih setengah jadi selanjutnya akan dijahit agar membentuk seragam yang sebenarnya. Proses ini menggunakan mesin jahit yang berbeda-beda tergantung pada setiap jahitannya. Proses ini menggunakan jahitan obras over deck dan beberapa jahitan lainnya agar menghasilkan jahitan yang bagus juga rapi.

7. Finishing

Tahap ini dimulai dari proses menyetrika seragam agar rapi dan wangi, lalu membersihkan sisa benang jahit yang terdapat pada seragam tersebut.

Demikianlah ketujuh cara dan tahapan pembuatan seragam kerja pabrik ini saya buat. Semoga bermanfaat.